tips

Tepat Merawat Kulit


UNTUK mempercantik penampilan, tidak hanya make-up yang perlu diperhatikan. Pola makan yang sehat juga harus Anda jaga. Karena, asupan makanan sehat yang mengandung banyak buah-buahan dan sayuran segar, kaya serat, rendah lemak, rendah gula dan garam, merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan kulit agar berfungsi dengan lebih baik. Anda mungkin tidak akan menyadari betapa ajaibnya cara kerja vitamin dan mineral pada kulit Anda.
Berikut adalah beberapa jenis vitamin dan mineral yang dapat memberikan keajaiban pada kulit Anda.

Vitamin A

Vitamin ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit tertentu. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekeringan, rasa gatal dan kehilangan elastisitas kulit. Makanan seperti wortel, bayam, brokoli dan aprikot merupakan sumber yang baik dari vitamin A.
Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen yang berfungsi membantu menjaga kekuatan kulit. Anda bisa merasakan manfaat dari vitamin ini dalam buah stroberi, jeruk, kubis dan tomat.

Vitamin E

Ini adalah vitamin anti-oksidan yang menetralisir radikal bebas, yaitu molekul yang sangat reaktif yang dapat menyebabkan penuaan. Almond, hazelnut dan bibit gandum adalah beberapa jenis makanan yang mengandung Vitamin E.

Vitamin B Kompleks

Vitamin ini diperlukan untuk menjaga warna kulit yang sehat dan membantu dalam pengobatan stres dan jerawat. Roti gandum dan termasuk sereal merupakan sumber vitamin B yang sangat baik dan juga menyediakan serat yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap terlihat sehat.

Zinc

Zinc bekerja sama dengan vitamin A dalam memproduksi kolagen dan elastin yang merupakan serat yang dapat membuat kulit Anda kuat, elastis dan kenyal. Kerang, biji-bijian, susu dan keju adalah beberapa sumber terbaik yang berasal dari Zinc.

Beberapa jenis vitamin dan mineral di atas merupakan asupan tambahan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap dalam kondisi prima. Namun, unsur yang paling penting yang Anda butuhkan adalah air. Anda harus minum minimal dua liter air sehari untuk menjaga tubuh dan kulit agar tetap sehat.

Stres

Kemunculan stres terkadang tidak bisa dihindari. Tak hanya berdampak pada kondisi mental dan fisik, stres juga dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda. American Psycological Association (APA), melalui risetnya menyebutkan, saat pikiran dan emosi tidak seimbang, secara psikologis akan memberi pengaruh pada perubahan kondisi kulit.
Kortisol yang diketahui sebagai hormon stres akan bereaksi ketika tubuh mengalami tekanan, dan akan memperlambat perbaikan struktur kulit serta menghambat pertumbuhan kolagen serta sel tubuh.

Berikut tanda-tanda yang lazim diperlihatkan kulit saat Anda mengalami stres serta cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

Kulit Kusam
Akibat dari regenerasi kulit yang tidak optimal, maka kulit pun akan terlihat kusam, sehingga diperlukan perawatan yang lebih mendalam. Pilih sabun pembersih yang mengandung glicolic untuk mengangkat sel kulit mati. Biasakan mengaplikasikan krim malam secara rutin. Perhatikan asupan makanan dan minuman. Konsumsi tambahan suplemen untuk memberi nutrisi pada kulit.

Kulit Kering

Seorang ahli kulit dari University of California, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa stres yang kronis akan meningkatkan kadar hormon kortisol yang bisa merusak kemampuan kulit menahan air. Akibatnya kulit akan kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Stres juga menyebabkan peredaran darah menjadi abnormal, kadang sedikit atau terlalu banyak, sehingga mengakibatkan kulit terlihat pucat, kemerahan dan kering. Untuk perawatan wajah pilihlah produk yang mengandung hypoalergenic dan ber-PH rendah.

Kulit Berminyak

Produksi hormon testoteran umumnya meningkat saat tubuh mengalami stres, sehingga memproduksi minyak secara berlebihan. Gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak. Sebaiknya tidak menggunakan toner yang mengandung alkohol. Rutin membersihkan wajah.

[sumber: Bali Post]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s