tips

Ingin Rambut Sehat? Tidak Sulit, Kok


RAMBUT berketombe merupakan pengelupasan kulit mati berlebihan yang terjadi di kulit kepala. Sebenarnya pengelupasan ini merupakan kejadian alami yang normal jika jumlahnya sedikit. Namun, pada sebagian orang ada yang mengalami pengelupasan secara terus menerus dan dalam jumlah besar. Bahkan diikuti dengan kemerahan, rasa gatal dan iritasi.

Jika normalnya sel-sel kulit mati akan digantikan sekitar satu bulan sekali pada mereka yang memiliki kulit kepala sehat. Maka, pada mereka yang berketombe siklus ini berlangsung lebih cepat, yaitu dalam 2 – 7 hari. Alhasil, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah besar dan terjadi gumpalan berminyak, yang muncul sebagai bercak putih atau kelabu di kulit kepala.

Menyembuhkan Ketombe

Sebaiknya beralih menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung tea tree oil. Tea tree oil memiliki banyak manfaat. Tea tree oil mengandung antiseptik, antivirus, dan antijamur serta dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Selain efektif dalam menangani jerawat tanpa menimbulkan efek samping mengeringkan kulit, tea tree oil ini juga ampuh mengatasi berbagai penyakit umum, seperti flu, sariawan, sinusitis, luka dingin, infeksi jamur, kulit berminyak dan luka yang terinfeksi.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk menghilangkan ketombe:

* Hindari shampo yang mengandung deterjen terlalu banyak. Jika shampo Anda menghasilkan banyak busa, itu berarti shampo memiliki banyak deterjen. Sebaliknya jika busanya kurang maka deterjen yang digunakan pun sedikit.

* Hindari produk penata rambut yang terlalu banyak mengandung alkohol.

* Pijat lembut kulit kepala setiap kali Anda keramas untuk menghilangkan kulit mati.

* Gunakan conditioner setiap hari dan deep conditioner seminggu sekali.

* Dengan menghilangkan jamur, Anda akan melihat perubahan yang dramatis. Keramas secara teratur dengan produk antijamur dapat mengurangi terjadinya ketombe.

* Pada beberapa kasus, ketombe juga bisa disebabkan oleh nutrisi buruk akibat kekurangan mineral zinc. Antisipasi dengan menambah asupan zinc yang bisa Anda temukan dalam makanan seperti kerang-kerangan, ayam kalkun, dan kacang-kacangan.

Rambut Sehat

Rambut bersinar merupakan cerminan dari rambut sehat! Apakah Anda tahu bahwa semakin halus kutikula rambut, maka semakin bersinar rambut akan terlihat? Ketika kutikula rambut rusak, cahaya akan diserap ke dalam celah rambut yang rusak dan membuat rambut terlihat kusam. Oleh karena itu, Anda perlu mengisi celah tersebut dan menggunakan teknik yang tepat untuk melembutkan kutikula agar rambut tampak bersinar. Berikut langkah sederhana yang dapat membantu Anda mendapatkan rambut bersinar.

Sebelum Anda mendapatkan rambut berkilau, Anda perlu membersihkan rambut dari semua kotoran yang berasal dari produk rambut yang terkumpul dari waktu ke waktu. Gunakanlah deep cleansing shampoo seminggu sekali. Mulailah dengan mengaplikasikan conditioner lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan deep cleansing shampoo hanya pada akar rambut, lalu bilas rambut dengan air dingin untuk membantu melindungi dan melembutkan kutikula.

Aplikasikan serum anti-frizz. Pastikan Anda menelusuri seluruh helaian rambut pada saat mengaplikasikannya dengan menggunakan sisir bergigi halus. Ini akan memastikan celah-celah rambut terisi moisture pada saat Anda mulai mem-blowdry. Selesaikan tahap ini dengan mengaplikasikan volumizing spray agar rambut terlihat lebih bervolume. Gunakan blow-dryer dengan aliran udara mengarah ke bawah. Akhiri dengan mengeringkan rambut Anda dengan hair dryer bertemperatur dingin, lalu aplikasikan spray hine spray or frizz serum untuk hasil akhir yang berkilau.

Mulailah dengan menggunakan moisturizing shampoo dan conditioner, karena rambut keriting cenderung lebih kering dibanding rambut lurus. Untuk hasil kemilau yang lebih sempurna pada rambut keriting, cobalah mencuci rambut dua hari sekali agar rambut tidak kering akibat produksi minyak alami yang berkurang.

Aplikasikan frizz-serum atau shine curl-enhancing spray/cream pada helai rambut yang basah. Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengaplikasikan serum, karena ini akan membuat kutikula mudah ditaklukkan dan menjadi lebih lembut. Pastikan Anda menelusuri seluruh helaian rambut pada saat mengaplikasikannya. Ambil sedikit helaian rambut, lalu lilitkan dan putar pada jari Anda. Lakukan pada semua helaian rambut hingga membentuk ikal yang seragam. Akhiri dengan mengeringkan rambut menggunakan diffuser atau cukup angin-anginkan dan biarkan kering dengan sendirinya, agar rambut terhindar dari kerusakan akibat panas yang dikeluarkan diffuser.

[sumber: bali post]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s