tips

Nih, Kalau Mo Selamat di Jalan Tol


KEBERADAAN tol rasanya bukan lagi menjadi jalan alternatif berbayar seperti rancangan semula. Kini, jalan tol sudah seperti jalan utama yang dijubeli pengendara. Bebas hambatan, begitu motonya. Maksudnya bebas dari lampu-merah, persimpangan, juga kebrutalan pengendara motor. Bukan bebas macet, lho!

Karateristik seperti ini seharusnya makin menuntut pengendara lebih waspada dan disiplin. “Kebebasan” disalahartikan banyak pengendara dengan berprilaku minus. Tindakan ini bukan saja membuat jalan tambah semrawut—khususnya tol di dalam kota—tetapi yang lebih menakutkan adalah membahayakan pengendara lain.

Nah, kalau anda menyayangi nyawa anda, juga peduli terhadap orang lain, ada baiknya (HARUSNYA) ikut aturan baku berkendara di jalan tol (kecuali kalau anda tidak lagi ingin disebut sebagai manusia).

Untuk mengingatkan anda, nih saya kutipkan tips di jalan tol yang saya dapat di jalan (terasa normatif, tetapi justru itulah mengapa orang sering mengabaikannya—menyedihkan) :

  • Berusaha melaju dilajur satu. Jika akan mendahului boleh pindah jalur.
  • Dilarang mengemudikan kendaraan di bawah kecepatan minimum maupun lebih dari kecepatan maksimum yang telah ditentukan
  • Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan anda, sehingga  maupun menghindari kecelakaan beruntun.
  • Saat hujan usahakan menghidupkan lampu kecil dan mengurangi kecepatan, jika tidak, anda itu artinya anda mempertaruhkan diri anda. Jarak aman HARUS duakali lipat dari keadaan normal.
  • Mengemudikan kendaraan harus dengan kondisi sehat dan segar. Jika mengantuk, lelah dan letih sebaiknya istirahat  di rest area terdekat.
  • Rambu tanda adanya pekerjaan tol acap berada di jalan. Jadi waspadalah.
  • Saat anda berjalan dan melihat sesuatu yang bisa menimbulkan bahaya di jalan tol jangan mencoba menyingkirkan benda itu sendiri. Lapor gerbang tol atau hubungi petugas melalui layanan informasi.
  • Jangan membuang benda apapun di jalan tol. Bisa membahayakan kendaraan di belakang anda.

Kalau anda sering jengkel karena kendaraan di depan anda kelewat lambat, pindahlah jalur. Tapi ingat ini juga ada aturannya. Begini nih cara aman pindah jalur:

Ø  Sebelum pindah jalur, pastikan keadaan lalulintas di belakang dan depan anda benar-benar aman.

Ø  Gunakan selalu lampu isyarat.

Ø  Bergeraklah pada saat yang tepat dengan gerakan memotong.

Ø  Usai mendahului, kembalilah ke jalur semula dengan menggunakan lampu isyarat. Jangan memotong kendaraan yang anda lalui.

Prilaku satu ini terus terang yang membuat saya sering jengkel. Kelihatannya sebagian manusia pengendara di jalan tol itu memang sudah tidak berbudaya—terlalu kasar memang kalau dibilang monyet. Selain berbahaya, tindakan memakai bahu jalan ini sungguh membuat lalin tambaaah macet. Tahukan mereka bahu jalan itu gunanya untuk:

–          Kendaraan yang dalam keadaan darurat seperti mogok dan menanti bantuan pertolongan.

–          Saat berhenti di bahu jalan gunakan, lampu hazard atau segitiga pengaman.

–          Tunggu beberapa saat, patrol akan datang memberikan pertolongan.

–          Ingat, bahu jalan hanya digunakan untuk ambulance, patrol untuk menuju lokasi kecelakaan.

–          Dari bahu jalan, jika akan memasuki lajur lalulintas, jalankan lebih dulu kendaraan anda di bahu jalan hingga 60 km/jam atau sama dengan kecepatan di jalur satu, barulah masuk ke lajur satu saat kondisi aman. Ingat, tetap waspada kendaran di belakang anda.

Sekali lagi, tips itu normatif memang. Sering kita dianggap primitif kalau terlalu patuh pada aturan. Hmmm,…sebenarnya yang primitif itu yang melaksanakan aturan atau yang melanggar, ya?

Kalau saya, lebih senang dibilang primitif ketimbang harus menjudikan nasib saya pada prilaku ugal-ugalan di jalan tol. []

Bojong Kulur: 2701011

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s