stori

Hemat Belanja Ala SaveMax


image
Ini pengalaman baru buat saya: berbelanja di sebuah swalayan grosir, super grosir malah. Tempatnya di sekitaran Cibubur, jaraknya kira-kira enam kiloan dari rumah saya. Sewaktu remaja-tanggung saya pernah dengar nama swalayan grosir Makro di bilangan Kelapa Gading. Tapi hingga namanya berubah menjadi Lotte dan menggeser strategi market ke ritel, saya belum pernah ke sana. Maklum, saya berasal dari keluarga sederhana. Hanya mampu berbelanja di pasar becek, tempat dimana ibu saya membuka kios, berdagang sayur-mayur.

Dulu ada juga swalayan grosir sejenis itu, namanya Goro, letaknya di Pekayon, Bekasi. Saya pernah di ajak ke sana nemenin kakak belanja. Ruang belanjanya besar. Saya dibuat kagum, tepatnya norak. Maklum, itu adalah momen pertama kalinya sekaligus terakhir mengunjungi grosiran ber-AC. Sebelumnya paling banter saya bantu ibu berbelanja di Pasar Senen kulaan untuk stok dagangan dua-tiga hari.

Medio Desember 2015 lalu, saya bersama istri dan anak-anak mencoba swalayan super grosir, namanya SaveMax. Ruang belanjanya luas sehingga bisa leluasa bergerak meski troli-troli yang disediakan berukuran super jombo. Anak saya malah bisa tidur sambil didorong. Rak besar jejer-berjejer seperti di pabrik hingga nyaris menyentuh langit-langit. Jauh berbeda  dengan pabrik, SaveMax sejuk dan  nyaman karena AC-nya kinyis-kinyis. Sebagian produk diletakkan dengan kardus-kardusnya, packing-an, karungan, yang artinya untuk pembelian grosir. Sebagian lainnya dikeluarkan dari packing  yang tentu maksudnya supaya dapat dibeli secara eceran.

Harganya? Dapat bersaing, terutama untuk hipermarket pesaing yang tak jauh dari mereka: Giant yang melekat di Mal Citra Land dan Giant Extra. Kalau mau lebih untung lagi, belilah dengan jumlah banyak. Sebab, mereka menawarkan progresif profit: semakin banyak belanja, semakin murah. Ada juga keuntungan bagi member. Tapi kelihatannya, pembeli harus menjadi member agar dapat manfaat diskon. Keuntungan yang ditawarkan seperti mendapat poin reward, promosi khusus, fasilitas layanan antar dan parkir gratis.

Oh ya, jangan lupa untuk membawa kantong belanja sendiri, karena SaveMax tidak menyediakan tas plastik. Karena konsepnya grosir tentu diasumsikan pembeli hanya tinggal membopong bersama kardus, karung atau packingnya. Pihak toko juga menyediakan kardus untuk wadah, tapi anda harus mengepak sendiri, karena memang tidak disediakan petugas khusus di sana. Jika ada dana lebih dan gak mau repot, SaveMax menjual tak belanja yang bisa dipakai berulang.

Yang jelas, swalayan super grosir ini dibangun dengan konsep modern. Sasarannya tegas, yakni memberikan solusi satu atap bagi pelanggan pelaku industri dan rumah tangga. Dan, ini yang penting: dapat hemat maksimal (save max). Nah, bagi anda para pebisnis restoran, kafe, hotel dan usaha makanan lainnya, rasanya tempat ini patut untuk dijadikan referensi. Bagi profesional, pekerja kantoran dan keluarga yang ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mengutamakan kualitas serta ketersediaan produk, tempat ini rasanya juga cocok. Makanan cepat saji yang ada di dalam juga ajib.
image

Menurut saya ini yang juga menarik, SaveMax memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi supplier. Pola keterbukaan seperti ini tentu sangat menolong pelaku usaha, tertutama yang sedang tumbuh untuk dapat menembus pasar yang sulit. Saya percaya adagium klasis ini: siapa yang banyak menolong niscaya akan lebih banyak ditolong. Kalau saja kemitraan yang dikembangkan SaveMax bisa dijaga kejujuran dan keterbukaannya, bukan tidak mungkin swalayan super grosir ini bisa tumbuh dengan cepat dan menjadi market leader di kelasnya. []

Bojong Kulur, 12 Januari 2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s