intermezo

Bakso Rusuk dengan Kuah Kaldu yang “Nendang”, Mau?


KULINER

Ingin makan bakso berkaldu sapi yang kental dan “nendang”? Nah, ini ada tempat yang patut Anda coba, Bakso Solo Samrat.



Sudah sejak lama Solo dan Wonogiri terkenal dengan olahan baksonya. Tetapi Bakso Solo Samrat sangat berbeda dari kebanyakan bakso lainnya, yakni kuahnya yang sangat gurih, “keruh” berkaldu sapi. 

Saking berkaldunya, kuah bakso ini menyisakan serbuk-serbuk daging yang halus. Mungkin kalau dibayangkan seperti minuman Minute Maid Pulpy Orange, ada bulir-bulir jeruknya. Meski begitu, jangan membayangkan  kuah kare yang kental dan berat di mulut, sebab kuah Bakso Solo Samrat tetap ringan di tenggorokan. 

Ada lagi yang membuat warung bakso ini selalu dipadati pembeli, yaitu tulang iganya. Ya, menu andalan Bakso Solo Samrat adalah bakso tenis rusuk. Meski seporsinya 57 ribu tetap saja antrean tidak pernah sepi. Terbilang mahal jika ukurannya adalah warung bakso biasa yang berada di kisaran 15- 20 ribu. 

Tetapi, sekali makan dijamin perut Anda akan kenyang dan nagih. Bukan apa-apa satu porsinya lumayan banyak dan baksonya besar, berisi telur, sebesar bola tenis.
Jangan khawatir, jika Anda ingin yang agak ringan juga ada. Warung bakso ini menyediakan bakso urat, bakso telur puyuh, dan bakso biasa. Ukuran baksonya seperti kebanyakan bakso pada umumnya, yang membedakan adalah campuran dagingnya begitu mendominasi. Seporsi harganya 30 ribu. 

Oh ya, saya lupa mengingatkan. Sambal baksonya sangat pedas. Jadi, hati-hati menuangkannya. Satu lagi, kalau bosan dengan bihun atau mie kuning, Anda bisa memesan kwetiau sebagai campuran. Uniknya lagi, bakso di sini selalu menyertakan pangsit goreng, layaknya mie ayam. Kombinasi lainnya, disediakan jeruk nipis, bagi yang suka asam, mengingatkan kita akan sajian soto mie. 

Soal minuman, ada satu yang saya lihat berbeda, yakni es kacang brenebon alpukat. Berisi: es kacang dicampur potongan alpukat dan dituangkan susu kental. Selebihnya sama, seperti es alpukat Garut, es teler, es pisang ijo dan aneka jus. Harga minuman-minuman itu antara 13 ribu hingga 20 ribu. 

Satu tips penting kalau Anda ingin ke Bakso Solo Samrat: hindari jam makan siang, Anda akan kesulitan dapat tempat duduk. Setidaknya begitulah pengalaman saya saat makan di cabang ke-5 Bakso Solo Samrat, di Jl. Dr.Satrio Kasablanka, sederetan dengan mal Ciputra World I (sebelahan dengan 7 eleven), arah ke fly over Sudirman.

Beda soal kalau Anda memang tidak ada waktu luang dan penasaran. Tetap ada sensasinya, kok, meski badan basah keringat. []

foto-foto: baristakata.com/ahmadi supriyanto
 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s