publikasi

Diprotes, Beginilah Wujud Baru Toblerone


Pernahkah membayangkan jika Toblerone mengubah bentuk segitiga yang selama ini menjadi khasnya?  

Belum lama ini, perusahaan coklat legenda itu terpaksa membuat keputusan sulit karena dihadapkan pada lonjakan harga bahan baku. Pilihannya dua: menaikkan harga atau mengubah bentuk. Perubahan bentuk pun dipilih agar produknya tetap terjangkau konsumen. Untuk mempertahankan ciri khasnya, bentuk Toblerone tetap segitiga. Hanya saja, terjadi pemangkasan di setiap  barnya. Bar pada coklat bentuk baru ini menjadi begitu ramping, dan jarak antar bar menjadi terlihat jauh. 

Toblerone untuk pasar Inggris ini, mengubah bentuk pada dua varian: ukuran 400 gram menjadi   360 gram. Sedangkan ukuran lebih kecil dari 170 gram menjadi 150 gram. Ukuran kemasan tetap sama. Inilah yang justru memicu konsumen marah dan merasa dirugikan. Konsumen menganggap  apa yang dilakukan produsen sebagai keputusan yang salah. Tidak sedikit yang meminta agar dikembalikan ke bentuk semula. Setidaknya, jika ingin mengurangi biaya bisa diambil cara lain, seperti membuatnya lebih pendek. 

Seperti dikutip dari bbc.com, Lee Yarker berujar, “Cukup adil sih dengan mengurangi berat, tetapi mengapa dengan membuat jarak antar bar yang begitu jauh. Kan bisa dengan membuatnya menjadi lebih pendek.”

Philip Joseph menulis, “Ini jelas keputusan yang keliru. Seperti dicurangi. Anda membeli coklat berharap ukuran yang normal. Tetapi,  Anda seolah mendapatkan setengah coklat saja.”

Senada dengan Yarker, Cathy White menganggap, “Ini sungguh menakutkan. Mestinya yang dilakukan adalah memotong panjang, dan tetap mempertahankan ketebalan setiap barnya.”

Tetapi, konsumen lain memuji apa yang dilakukan produsen dengan mengumumkan melalui akun Facebook resminya. 

Seperti dikatakan Lainey Ireson, “Sedih memang keputusan ini, yang tentu tidak bisa menyenangkan semua orang. Tapi Toblerone perusahaan hebat, saya bangga dengan itu, karena berani menjelaskannya pada konsumen. Perusahaan lain tentu akan sangat berhati-hati.” 

Dalam keterangannya,  Toblerone menegaskan, “Seperti juga perusahaan lain, kami mengalami lonjakan biaya pada harga-harga bahan baku.”

Ditambahkan, “Kami berupaya mengikutsertakan biaya-biaya itu sepanjang memungkinkan. Tetapi untuk memastikan Toblerone tetap berada di rak-rak dan menjaga bentuk segitiga, kami terpaksa mengurangi berat, hanya dua produk yang beredar di Inggris.” []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s